Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer

Ilustrasi Jaringan Komputer

Saat ini mungkin sudah sangat sering sekali mendengar istilah jaringan komputer, baik yang di dengar saat sekolah ataupun kuliah yang disampaikan oleh Dosen atau Guru di kelas, bisa juga membaca artikel yang ada di internet yang saya yakin sudah banyak sekali teman – teman penulis blog membuat postingan tentang jaringan komputer ini. Akan tetapi artikelbro.com hanya ingin menyampaikan ulang tentang Dasar Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer (Computer Network) adalah sekumpulan komputer yang terdiri dari dua atau lebih yang terhubung satu sama lain sehingga dapat berbagi data dan sumberdaya. Jaringan komputer juga dapat diartikan juga hubungan antara perangkat jaringan (network Device) dan perangkat endhost (end device) yang terhubung sama lain dan dapat melakukan sharing informasi serta resources.

Komponen pembentuk jaringan

Network devices: hub, bridge, switch dan router.

End devices: PC, laptop, mobile, dll.

Interconnection: NIC, konektor, media (UTP, fiber optic, wireless, dll).

Untuk dapat terhubung (interconnection) ke dalam jaringan komputer, endhost atau yang biasa disebut Host ini memerlukan media transmisi baik yang berupa kabel ataupun tanpa kabel (wireless) atau juga dapat dibuat dengan menggunakan gabungan antara media kabel dan juga wireless. Selain itu Host juga membutuhkan sebuah alamat agar dapat dikenali di dalam jaringan komputer, alamat yang digunakan Host ini disebut dengan IP Address (alamat IP). Dimana alamat IP yang digunakan oleh host satu dengan host yang lainnya ini akan berbeda – beda (unik) agar mudah dikenali di dalam jaringan komputer.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Dalam pemanfaatan jaringan komputer terdapat jenis – jenis jaringan komputer yang biasa digunakan. Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer yang sering kita dengar ataupun kita lihat di lingkungan kita masing – masing.

PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network (PAN) adalah salah satu Jenis jaringan komputer yang terhubung antara dua atau lebih sistem komputer (Host) yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan PAN ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan seperti Personal Hotspot atau Tethering, Adhoc, dan lain - lain.

LAN (Lokal Area Network)

Lokal Area Network (LAN) adalah Jenis jaringan yang sangat sering kita temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan. Jaringan LAN juga merupakan jaringan yang sangat di pengaruhi oleh topologi jaringannya.

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah Jenis jaringan komputer yang terhubung dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Jaringan MAN bisa disebut juga gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network (WAN) adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

WLAN (Wireless Local Area Network)

Wireless Local Area Network (WLAN) adalah sebuah sistem komunikasi data yang fleksibel yang dapat diaplikasikan sebagai ekstensi ataupun sebagai alternatif pengganti untuk jaringan LAN kabel. Wireless LAN menggunakan teknologi frekuensi radio, mengirim dan menerima data melalui media udara, dengan meminimalisasi kebutuhan akan sambungan kabel. Dengan begitu, wireless LAN telah dapat mengkombinasikan antara konektivitas data dengan mobilitas user. Jenis jaringan WLAN ini menggabungkan media transmisi kabel atau nir kabel (wireless).

Dasar Jaringan Komputer: Wireless Local Area Network

Itulah tadi penjelasan tentang Dasar Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer yang mungkin bisa memberi manfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Dasar Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer"