Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding Pada PC

Pernahkah kalian mengalami NOT RESPONDING pada aplikasi yang sedang kalian jalankan ? Apalagi, ketika kalian sedang mengedit desain atau membuat video dan ketika hampir selesai tiba tiba aplikasi tersebut NOT RESPONDING dan mau nggak mau kita harus menekan Close Program, pastinya sangat kesal kan ?

Untuk menghilangkan rasa kesal akibat Not Responding pada aplikasi di PC, disini saya akan memberikan tips mengatasi not responding pada aplikasi di PC. Namun, sebelum ke pembahasan inti lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu apa penyebab aplikasi not responding tersebut.

Penyebab Not Responding Pada Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Not Responding ini biasanya terjadi akibat banyaknya cache atau sampah yang ada di Komputer atau Laptop. Karena cache ini akan menambah beban RAM jika tidak segera kamu bersihkan dan akan membuat PC menjadi lebih lambat.

Selain cache pada PC, bisa juga masalah pada OS yang digunakan yang membuat kinerja pada laptop tersebut tidak maksimal. Komputer bisa Hang karena virus, nah jika kebanyakan virus maka akn merusak OS pada PC tersebut, maka kamu harus sering sering menghapus virus pada laptop atau PC kamu.

Selain cache dan juga OS yang rusak, ada juga over hat yang terjadi pada Laptop yang membuat aplikasi yang dijalankan menjadi Not Responding. Over Hat atau Panas yang terjadi pada laptop ini yang membuat software atau sistem menjadi error, macet, hang dan juga Not Responding. Maka dari itu, perawatan pada laptop juga perlu ya.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab laptop not responding, sekarang kita akan membahas pada inti artikel ini yaitu cara mengatasi aplikasi not responding pada PC.

Uninstal Program Tidak Penting

Aplikasi yang diinstal di laptop harusnya yang penting penting saja dan yang sering digunakan, misalnya saja digunakan untuk bekerja atau untuk hal lainnya. Jika kalian menginstal aplikasi yang tidak penting pada Laptop atau PC, yang ada akan membuat RAM menjadi penuh dan berakibat hang pada laptop tersebut. 

Scan Virus Pada Laptop

Untuk mengatasi Not Responding pada Laptop, kalian bisa menscan laptop kalian agar virus yang ada di laptop akan hilang. Dengan hilangnya virus ini bisa membuat PC atau Laptop kamu menjadi lebih ringan. Kamu bisa menscan virus tersebut menggunakan anti virus bawaan windows yang bernama Windows Defender, Windows Defender ini sangatlah ampuh untuk menghapus virrus virus jahat yang ada di PC.

Perhatikan Speck PC / Laptop

Kenapa kita harus memperhatikan Speck PC dan Laptop kita ? Karena aplikasi yang kalian instal dan kalian gunakan memiliki spesifikasi minimum untuk bisa dijalankan. Jika spesifikasi laptopmu tidak mampu, maka jangan paksakan untuk menjalankan aplikasi yang kalian mau. Karena jika dipaksakan, yang ada aplikasi tersebut tidak mau jalan atau selalu hang saat dijalankan.

Nah, diatas sudah kita bahas tentang penyebab aplikasi not responding dan juga cara mengatasinya. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat untuk kita semua agar bisa menggunakan PC atau Laptop secara aman dan nyaman.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding Pada PC"