Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengantar Aplikasi komputer

Dalam kehidupan sehari – hari, aplikasi komputer sudah sering dijumpai pada berbagai keperluan seperti, keperluan di bidang Pekerjaan, Pendidikan, Bisnis, dan bahkan Hiburan. Dengan memanfaatkan aplikasi komputer ini, setiap orang akan dengan mudah melakukan pekerjaan, selain itu juga dengan memanfaatkan aplikasi komputer ini, kita juga dapat menghemat waktu dalam proses pengerjaan berbagai kegiatan sehari – hari. 

Aplikasi komputer merupakan suatu software (perangkat lunak) komputer yang di buat oleh programmer (pembuat program) sehingga aplikasi komputer bisa mempunyai manfaat atau pun fungsi dan tujuan tertentu.

Pengertian Aplikasi Komputer

Aplikasi komputer merupakan suatu program komputer yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang berbentuk kode-kode dan disusun secara logis yang sehingga dapat di mengerti atau pun hanya dimengerti oleh komputer.

Fungsi Aplikasi Komputer

Pembuatan aplikasi komputer ini bertujuan untuk memudahkan Brainware (dalam istilah teknologi informasi) atau pengguna (user) untuk mengerjakan sesuatu kegiatan baik itu untuk keperluan perhitungan, mengolah data, editing dan bahkan anlisis terhadap suatu data dengan sebuah komputer. Jadi fungsi dari Aplikasi komputer adalah untuk membantu user dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan perintah dari user.
Contoh, suatu program perkantoran (office) yang bisa digunakan untuk keperluan administrasi pada suatu kantor seperti untuk mengelola angka (excel), mengelola kata (word), Presentasi dan juga kumpulan dari data (access).

Jenis – Jenis Aplikasi Komputer

Dalam penggunaannya, banyak jenis aplikasi komputer yang umumnya kita jumpai atau bahkan kita gunakan sendiri seperti:

- Aplikasi Untuk Internet

Aplikasi ini memudahkan aktifitas di internet, contohnya seperti E-mail, Google, Youtube.
- Aplikasi Untuk Perkantoran
Aplikasi ini contohnya adalah Microsoft Office. Aplikasi ini berguna untuk menyediakan layanan pengolhan kata, angka, presentasi dan lainnya untuk mendukung pekerjaan kantor.

- Aplikasi Grafis

Aplikasi memiliki fungsi untuk membuat desain maupun editing foto dan gambar. Contoh :  Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva dan Lainnya.

- Aplikasi Programming

Aplikasi ini dibuat secara khusus untuk membuat software atau program tertentu. Contoh : Java, Python, Visual Basic, dan lainnya.

- Aplikasi Multimedia

Aplikasi ini umumnya digunakan untuk mendukung dan menggabungkan sebuah informasi, teks, video, dan audio. Contoh : Gom Player,  Winamp, AIMP3.

- Aplikasi Games

Merupakan aplikasi yang berbentuk permainan yang bisa di mainkan di dalam Komputer.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Aplikasi Komputer. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.


Posting Komentar untuk "Pengantar Aplikasi komputer"