Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Cara Kerja Team Viewer Pada Komputer

Siapa diantara kalian yang sudah pernah menggunakan Team Viewer ? Mungkin asing ya bagi kalian salah satu aplikasi PC ini, Team Viwer ini adalah salah satu aplikasi yang sangat terkenal dan memiliki fungsi untuk mengontrol jarak jauh (remote). Biasanya, aplikasi ini digunakan dilungkuangan perusahaan yang memiliki jaringan yang luas atau bisa sebagai penghubung antar cabang karena memang sifatnya itu tidak terbatas.


Maka dari itu, sebagian orang mungkin sangat asing dengan aplikasi ini, walaupun sudah banyak sekali aplikasi aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti Team Viewer ini, namun keberadaan aplikasi team viwer ini belum tergantikan. Dengan menggunakan team viewer ini masing masing pengguna bisa saling terhubung dengan mudah, dan juga bisa meningkatkan kerja sama diantara mereka.

Fungsi Team Viewer

Ada 3 fungsi umum yang ada pada aplikasi ini, yaitu remote control, media transfer dan juga keperluan meeting. Ketiga fungsi ini akan saya jelaskan dibawah ini :

Sebagai Remote Control

Fungsi remote control yang dimaksud kali ini adalah pengguna bisa mengakses komputer lain dengan jarak yang jauh yang mana mereka sudah sama sama mengaktifkan aplikasi team viwer ini. Biasanya aplikasi ini digunakan pada perusahaan atau instansi yang memerlukan bantuan pihak lain, namun terkendala jarak yang jauh. Dengan aplikasi team viewer ini, maka masalah bisa dengan mudah teratasi.

Media Transfer 

Selain bisa digunakan untuk remote control, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mentrasnfer file atau berkas dengan mudah dan cepat. Caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu drag and drop saja dan destinasi filenya juga bisa kita atur sendiri sesuai kemauan kita.

Meeting

Fungsi yang terakhir pada aplikasi team viewer ini adalah sebagai meeting atau pertemuan yang melibatkan banyak orang. Dalam menggunakan aplikasi ini, kegiatan meeting bisa dilakukan didepan laptop atau komputer tanpa perlu pergi jauh jauh ke lokasi yang ditentukan. Aplikasi ini bisa mengundang kurang lebih 20 client. Caranya pun hampir sama, kalian hanya perlu mengundang ID lain untuk bisa bergabung pada sebuah meeting dengan aplikasi team viewer ini.

Cara Kerja Team Viewer

Cara kerja aplikasi ini sangatlah mudah, yakni :
  1. Kalian perlu terhubung pada koneksi yang memiliki jaringan yang stabil
  2. Buka aplikasi Team Viwer dan masukan ID dan Password client yang akan dituju, kedua client ini harus sama sama sudah menginstal aplikasi Team Viewer ini.
  3. Jika sudah, maka akan ada 2 pilihan antara Remote Control dan File Transfer maka kalian bisa pilih Remote Control untuk meremote PC jarak jauh.
  4. Jika sudah kalian bisa klik Connect untuk menghubungkan ke Komputer client.

Nah, diatas sudah dijelaskan tentang pengertian Team Viewer dan cara kerja team viewer itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Kerja Team Viewer Pada Komputer"